Tanaman obat-obatan dan khasiatnya untuk tubuh

30 Mar 2016

Tanaman obat merupakan sejumlah tanaman yang banyak dimanfaatkan salah satu atau seluruh bagian tanaman, mulai dari akar sampai daun untuk bahan ramuan obat. pemanfaatanya-pun sebenarnya sudah dilakukan oleh masyarakat sejak dulu, sebelum berkembangnya pengobatan medis.

Tanaman obat dan khasiatnyaPada masa sekarang ini, mulai banyak masyarakat yang beralih ke pengobatan herbal untuk mengobati penyakit yang mereka derita. Selain murah, umumnya pengobatan herbal dengan memanfaatkan berbagai jenis tanaman obat memberikan efek negatif yang relating jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan pengobatan medis, walaupun penggunaannya dalam jangka waktu panjang.

Di Indonesia sendiri, pengobatan herbal/tradisional sudah berlaku sejak dahulu dan terus berjalan sampai sekarang. Bahkan peningkatan obat-obatan herbal ini semakin mengalami peningkatan yang signifikan dari waktu kewaktu. Peningkatan ini bisa kita lihat dari semakin maraknya industry obat-obatan yang memproduksi obat herbal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kita sebagai penduduk Indonesia, tentunya harus berbangga hati, karena wilayah Indonesia dikenal memiliki banyak sekali jenis tanaman obat, mulai dari tanaman perdu, tanaman hias, dan lainnya. Asalkan kita tahu manfaat dan cara pengolahan dari tanaman obat tersebut, kita tidak perlu repot untuk pergi ke klinik pengobatan atau rumah sakit hanya untuk sekedar mengatasi penyakit kita yang masih tergolong ringan.

Untuk lebih mengenalkan kepada anda semua tentang berbagai jenis tanaman obat-obatan dan khasiatnya, dibawah ini akan diulas beberapa jenis tanaman obat berikut manfaat yang terkandung didalamnya.

1. Adas
Adas merupakan tanaman obat obat jenis perdu yang bisa kita manfaatkan bagian biji buahnya. Khasiat dari tanaman ini antara lain: merangsang pengeluaran angin ( kentut), mengencerkan dahak, menghancurkan batu ginjal, meredakan batuk rejan, mengatasi sulit tidur, serta membantu melancarkan haid.

2. Ajeran
Ajeran sebenarnya berasal dari wilayah amerika. Di Indonesia tanaman ini dinaturalisasi dan dapat tumbuh dengan baik. Tanaman perdu ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat (memanfaatkan seluruh herba tanaman), yang berkasiat untuk melancarkan peredaran darah, mengatasi peradangan, mengobati rhematik, demam, menjaga kesehatan pencernaan tubuh, dan mengobati sakit gigi, pilek, dan bisul.

3.  Alang-alang
Mungkin kita menganggap alang-alang sebagai tanaman perdu yang hanya bersifat sebagai tanaman parasit. Tapi sebenarnya kita bisa memanfaatkan tanaman ini terutama bagian akarnya untuk mengatasi berbagai gangguan pada tubuh seperti: susah buang air kecil, demam, panas dalam, stress dan lain-lain.

Selain tanaman obat yang telah disebutkan diatas, tentunya masih banyak tanaman obat berkhasiat lainnya yang ada di Indonesia, silahkan anda cari referensi lainnya demi memperkaya pengetahuan dan wawasan anda seputar tanaman obat.


TAGS tanaman obat manfaat tanaman obat


-

Author

Follow Me