Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan diet

12 Jan 2015

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan diet : Indonesia kaya sekali akan kekayaan nabatinya, tidak terkecuali hasil buahnya. Banyak jenis buah-buahan lezat tumbuh di Indonesia, mulai dari berukuran kecil seperti lengkeng, sampai buah berukuran besar seperti semangka.

Manfaat Buah Semangka

Menyebut buah semangka, tentunya anda akan membayang kan buah besar dengan warna daging merah, biji kecil, dan kandungan airnya yang banyak. Buah semangka memang salah satu buah dengan kadar air tinggi. Sehingga bila mengkonsumsi buah semangka, apalagi disaat cuaca cerah, dapat membantu menghilangkan dahaga kita.

Mengkonsumsi buah semangka bukan hanya dapat menghilangkan rasa haus, tapi lebih daripada itu, kadar gizi yang terkandung dalam buah semangka dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan tubuh akan gizi. Buah semangka kaya akan nutrisi, vitamin, air, dan serat. Beberapa nutrisi penting dalam buah semangka diantaranya : kalsium, kalium, seng, magnesium,dll. kandungan vitamin yang terbanyak dalam buah semangka adalah vitamin C, vitamin lainnya yaitu A, dan E. selain nutrisi dan vitamin, kadar air dan serat dalam buah semangka terbilang cukup tinggi, sehingga hampir dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh

Dengan komposisi gizi didalamnya, anda akan mendapatkan manfaat begitu besar ketika mengkonsumsi buah semangka, diantara manfaat buah semangka bagi tubuh yaitu :

  1. Membantu menjaga kesehatan jantung.
  2. Menghindari tubuh dari dehidrasi akibat kekurangan cairan.
  3. Meningkatkan kesehatan mata.
  4. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  5. Memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap radikal bebas.
  6. Memperkuat tulang dan gigi.
  7. Menjaga kesehatan ginjal dan melindunginya dari berbagai gangguan yang sering menimpanya.
  8. Mengurangi lemak pada tubuh.
  9. Mengenai manfaat buah semangka dalam mengurangi lemak, hal ini tentunya sangat baik dalam diet anda. Sehingga buah ini direkomendasikan oleh para pakar diet untuk dijadikan sebagai menu makanan diet anda.

Selain dapat menghilangkan lemak dalam tubuh, manfaat buah semangka bagi diet lainnya yaitu karena kandungan air dan seratnya yang tinggi. Air dapat berperan dalam mempercepat rasa kenyang pada perut, sehingga anda akan menghentikan proses makan dengan segera. Serat juga berperan dalam membuat perut anda kenyang dan mempertahankannya dalam waktu cukup lama. Kondisi tersebut tentunya dapat mengurangi asupan makanan kedalam tubuh dan pada akhirnya diet yang anda jalankan dalam rangka menurunkan berat badan akan lebih cepat tercapai.

Artikel terkait :


TAGS manfaat buah semangka diet sehat buah semangka untuk diet


-

Author

Follow Me