Seputar Manfaat Daun Kemangi

30 Dec 2014

khasiat daun kemangi untuk kesehatanBagi masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan daun kemangi. Salah satu bahan rempah ini sering digunakan untuk menambah aroma dari masakan yang anda buat seperti pepes, dan tumisan. Selain itu, daun kemangi juga bisa dikonsumsi secara mentah dengan menjadikannya lalapan segar.

Ternyata, manfaat daun kemangi bukan hanya dalam dunia kuliner saja, daun beraroma harum ini sidah mulai digunakan sebagai bahan obat herbal yang diketahui cukup mujarab dalam mengobati beberapa penyakit. Sejumlah kandungan zat dan senyawa dalam daun kemangi dapat memberikan efek positif bagi tubuh, diantaranya minyak atsiri, senyawa sineol, senyawa anetol, senyawa arigin, zat flavonoid, eugenol, magnesium, betakaroten, stigmasterol, boron, zat triptofan dan sebagainya. Semuanya dapat berkombinasi dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Bagi sebagian masyarakat, daun kemangi sudah digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit, seperti yang disebutkan dibawah ini :

  1. Untuk menghilangkan panu, digunakan sebagai obat luar.
  2. Menyembuhkan sariawan yang anda derita, digunakan sebagai obat dalam.
  3. Mengatasi mual dan flu.
  4. Menghilangkan aroma bau mulut kurang sedap.
  5. Bagi pria, daun kemangi bisa mengatasi masalah ejakulasi dini, dan memperbaiki kualitas sperma.
  6. Bagi wanita, mengkonsumsi ramuan obat dari daun kemangi, bisa membantu melancarkan haid, mengurangi rasa nyeri ketika haid, dan melancarkan ASI.
  7. Mengatasi perut kembung, masuk angin, dan peluruh kentut ( untuk obat luar ).
  8. Mengatasi panas dalam

Khasiat dari daun kemangi tentunya tidak hanya yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi kegunaan daun kemangi dalam dunia pengobatan yang mungkin belum terungkap.

sumber terkait :


TAGS


-

Author

Follow Me